Minggu, 04 September 2016

Tugas Essay



Oleh:


Rahmadiva Dianitha Danial 1401144268

Puteri Vania Shara 1401141389

Intan Rahmayuni 1401140211

Adrian Suryantono 1401142048

Fajri Yudha Aulia 1401140433

Oki Ismanto 1401142290 
  

Kelas :

MBTI-D (MB-38-04)

Pertanyaan :
1. Interview two student from two different cultures. Determine the extent to which the following are used in those cultures and the variations in the values of those cultures that relate to the use of these product :
a. Feast Day
b. Instant noodle 
c. Birthday Celebration
d. Music
e. Restaurant
f. Internet
2. Imagine you are a consultant working with your state or province's tourism agency. You have been asked to advise the agency of the best promotional themes to use to attract foreign tourists. What would you recommend if China and Netherlands were two target markets?


1. Jawaban No 1 :

 a. Narasumber 1
Biodata Narasumber 
Nama : Hilery Farfalonni Saino 
Asal : Makasar 
TTL : Makasar 14 Mei 1996 
MBTI - C
1. Hari besar

Perayaan besar yang biasanya saya rayakan adalah tahun baru, natalan. Dua hari besar itu yang tidak pernah saya lewatkan. Kalau tahun baru biasanya ada pesta kembang api di Pantai Losari. Kalau Nnatalan , pasang pohon natal terus ada orang-orang yang datang untuk kasih ucapan natal. Acara keluarga lainnya yaitu makan-makan saat natal.

2. Mie instan

Mie instan itu enak, saya suka dan juga cocok kalau di makan saat lapar dan murah meriah. Rasanya bisa diterima dengan baik dan bikin nangih untuk di konsumsi.

3. Pesta ulang tahun

Kalau saya merayakan ulang tahun biasanya makan-makan dengan teman atau keluarga di restaurant.

4. Music

Untuk musik di Makasar sendiri masih melestarikan budayanya, kebanyakan lagu daerah yang diputar benar-benar dengan bahasa sana (bahasa daerahnya). Untuk musik luar dan dalam seimbang disana, Kadang orang mendengarkan musik luar kadang juga musik tanah air sendiri

5. Restoran

Biasanya saya makan di restoran. Restoran yang saya suka itu restoran khas Makasar, seperti coto makassar, mi titi, dan pisang ijo. Untuk tempat makan yang disukai pastinya nyaman, bersih, dan pelayanannya ramah.

6. Internet

Kalau internet sih sudah umum dan juga mudah di akses.

b. Narasumber 2 

Biodata Narasumber

Nama : Shinta Mutiara Budiman

Asal : Cirebon 
TTL :  Cirebon, 09 Agustus 1995
 1. Hari besar

Saya kalau perayaan awal buka puasa suka membatalkannya dengan meminum air hangat terlebih dahulu lalu sholat maghrib baru makan makanan berat atau meminum es timun suri dicampur dengan sirup campolay.

2. Mie instan

Kalau mie instan sama saja kayak orang lain, tapi yang paling saya suka itu khususnya mie rebus tapi sebelum dibuat, mie nya saya remukin terlebih dahulu lalu dimasukan ke dalam telor dalam mangkuk baru direbus jadi mienya agak kenyal. Itu favorit saya dan ini juga resep dari bapak calon mertua saya hehehe

3. Pesta ulang tahun

Dulu sampai saya SMP kalau ulang tahun, saya selalu dirayakan di rumah sama keluarga terus makan-makan dengan kakak dan teman-teman sekelas. Tapi kalau sekarang seringnya hanya tiup lilin biasa dan bagi-bagi nasi kuning ke tetangga saja biar dikata mengadakan selametan.

4. Music

Untuk musik saya sukanya yang melow-melow seperti jazz. Tapi kalo daerah Cirebon itu musiknya sepeti sintren kecerbonan

5. Restoran

Biasanya saya makan di restoran. Restoran yang saya suka itu restoran khas Sunda. Karena orang tua saya dari Majalengka orang Sunda gitu jadi kan jadi suka makanan manis terutama yang berbau kecap. Tapi kalo di Cirebon itu banyaknya makanan berkuah seperti empal gentong, docang, lontong sayur, tapi kalau mau memakai kecap juga bisa dicampur dengan nasi lengko.

6. Internet

Kalau Internet sih sudah banyak ya karena jaman sekarang itu jaman teknologi canggih.



Jawaban No 2.

Sebagian besar orang yang memiliki ras China mengandalkan prinsip irit dalam mengeluarkan uangnya, mereka membeli barang barang dilihat dari jumlahnya banyak namun murah. Selain itu, mereka sangat ambisius, materialistis, jago kung fu dan seni bela diri. Terkenal dengan pelit, mempunyai semboyan ‘uang dapat membeli segalanya’ (money rules the world), mempunyai ambisi yang kuat (assertive).
Sementara sebagian besar orang yang memiliki ras Belanda sangat mementingkan sopan santun (polite), membosankan (boring), suka menjengkelkan (provoking), sangat tertib dan sistematis (organized), sok pintar (opinionated), keras kepala (stubborn). Ada sejumlah istilah dengan kata Dutch untuk menggambarkan sifat orang Belanda ini seperti Dutch courage (berani karena minum miras), Dutch gold (emas palsu alias kuningan), Dutch uncle (tukang mengeritik). Orang Belanda umumnya anti formalitas.
Maka dari itu untuk memberikan penawaran sepertinya tempat-tempat fasilitas yang komplit namun murah cocok untuk orang ber ras china, ditambah waktu dan jadwal harus teratur. Sementara orang ber ras Belanda harus ditawari tempat tempat yang pelayanannya sangat baik dan berkualitas meskipun mahal. Kenyamanan dan kualitas pelayanan lebih mereka pentingkan.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar